Seminar Internasional: Pengentasan Kemiskinan Lewat Ekonomi Islam

31 Juli 2012 - 14:22:19 | Oleh: staffe | Dibaca: 707 kali

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Persoalan ekonomi dan kesejahteraan umat menjadi kajian bersama Forum Silaturahmi Ekonomi Islam (FOSEI) dalam Seminar Internasional Ekonomi Islam (International Conference of Islamic Economi) di Balai Pertemuan Umum Universitas Pendidikan Indonesia (BPU UPI), kamis (5/7).

Acara yang diselenggarakan unit kegiatan mahasiswa Study Community of Islamic Economics (SCIEmic) ini merupakan satu dari rangkaian acara Musyawarah Nasional (Munas) FOSEI 2012 yang berlangsung dari tanggal 5-8 Juli nanti. Seminar ini dihadiri oleh sekitar 190 peserta dari beberapa Kelompok Study Ekonomi Islam (KSEI) seluruh Indonesia yang tergabung dalam FOSEI Indonesia.

Pembahasan tentang peranan ekonomi syariah dalam permasalahan kesejahteraan umat disajikan beserta posisi Bank syariah di dalam sistem keuangan dunia. “Ya karena sistem keuangan Indonesia masih didominasi oleh sistem perbankan sekitar 60%,” ungkap Ahmad Bukhori, Deputi Bank Indonesia yang turut menjadi pemateri dalam seminar.

Muhamad Randy, Ketua Panitia peneyelenggara Munas ini mengatakan, seminar internasional ini bertujuan memberikan pemahaman tentang peran ekonomi islam dan sosialisasi tentang ekonomi syariah pada khalayak khususnya mahasiswa. “Melihat persoalan kemiskinan di Indonesia ini, ya niatnya untuk menggugah mahasiswa supaya dapat menanggulangi kemiskinan salah satunya dengan ekonomi islam.” tutur Randy pada isolapos.com. [Ratih Ika Wijayanti]

sumber;http://isolapos.com/2012/07/seminar-internasional-pengentasan-kemiskinan-lewat-ekonomi-islam/